Komunitas lymphedema

Agustus 2011, lengan kananku mulai terasa  tidak nyaman, makin lama semakin bengkak akibat gangguan aliran limfe, sebagai salah satu efek samping mastektomi dan radiasi yang tak dapat kuhindari.

Setelah browsing di internet, mencari informasi-informasi tentang lymphedema, ternyata informasinya hanya itu-itu saja. Ingin rasanya bertemu teman yang mempunyai keluhan yang sama untuk berbagi cerita, penanganan terapi ataupun informasi-informasi lain. Atau hanya ingin sekedar berkeluh kesah disini? silakan, dengan senang hati aku ada disini.

Selama ini, penanganan lymphedema-ku tidak ada yang spesifik untuk benar-benar menyembuhkan bengkak ini secara tuntas. Setelah konsul ke ahli rehabilitasi medis, mereka hanya mengatakan bahwa lymphedema itu tidak bisa sembuh secara tuntas, akhirnya setelah beberapa kali fisioterapi kuputuskan untuk latihan sendiri, diantaranya gerakan-gerakan untuk menghindari kontraktur secara rutin, gerakan-gerakan untuk memicu aliran limfe, massage untuk mencairkan kolagen yang menumpuk, menggunakan stocking lymphedema sesering mungkin, dan terakhir, mengusahakan untuk selalu meletakan lengan lebih tinggi daripada jantung (hehehe… repot bener ya…?)

Ayo teman, bila ada yang mempunyai keluhan yang sama… kumpul disini bareng aku ya…

1 Comment Add your own

Leave a comment

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed