PESAN PENTING BAGI SESEORANG YANG TERDIAGNOSA KANKER

May 28, 2010 at 10:43 am 6 comments

Kanker? Mendengarnya saja membuat bulu kuduk merinding, jantung berdebar, yang teringat kanker adalah suatu penyakit yang mematikan atau bila kita mendengar seseorang menderita kanker, yang terfikir adalah bahwa  sebentar lagi maut akan menjemput.

Sekarang ini, pendapat-pendapat itu tidak sepenuhnya benar. Memang, Kanker Payudara ini adalah penyebab kematian tertinggi kedua setelah Kanker Leher Rahim. Tetapi… sebenarnya Kanker Payudara ini masih bisa sembuh bila didiagnosa dan dilakukan terapi sedini mungkin (pengobatan pada stadium dini untuk kanker payudara menghasilkan kesembuhan 75% (Ama, 1990)).

Anda yang didiagnosa dalam stadium yang sangat dini mungkin tidak terlalu bermasalah dengan beberapa terapi yang harus dijalani, karena bila memang memerlukan operasi, operasi itu tidaklah seberat mastektomi (mengambil seluruh jaringan payudara) dan bahkan mungkin juga tidak memerlukan khemoterapi atau radiasi.

Sebagai seorang yang terdiagnosa Kanker Payudara Stadium IIB, penulis  sangat sedih bila ada beberapa teman atau pasien yang terkena Kanker ini tidak mau menjalani protokol terapi medis untuk kanker, karena alasan takut menjalani operasi, khemoterapi atau radiasi. Bahkan karena enggannya menjalani semua itu, setelah 1-2 tahun kemudian bertemu lagi , mereka telah jatuh ke dalam stadium yang lebih lanjut, sudah bermetastasis, dan bahkan sudah terlambat untuk dioperasi sehingga tidak dapat dilakukan operasi (in-operable).

Karena itu, dari pengalaman penulis menjalani operasi mastektomi radikal dan khemoterapi, penulis berpesan JANGAN TAKUT menghadapinya. Rasa sakit karena operasi/ khemoterapi itu tidak ada apa-apanya bila dibandingkan dengan manfaat yang kita dapat setelah menjalani terapi itu. Lakukan hal tersebut demi keluarga dan anak-anak kita, dengan kata lain… berkorbanlah, pasti anda bisa melewatinya.

Penulis sendiri ketika terdiagnosa pertama kali, langsung setuju untuk menjalani terapi medis yang akan dilakukan, dan sama sekali tidak berfikir untuk menjalani pengobatan lain selain protokol medis yang ditawarkan, karena sebagai orang yang tentu saja telah memperdalam ilmu medis, terapi ini telah memiliki bukti empiris dan melalui penelitian para ahli di seluruh dunia. Anda bisa lihat website-website yang melibatkan komunitas penyandang kanker payudara, terutama di luar negri (penyandang kanker yang bisa bertahan hidup ini dinamakan ‘survivor’  dan mereka membuat story tentang pengalaman mereka menjalani terapi), ternyata banyak sekali survivor yang terdiagnosa dan masih bertahan hidup hingga puluhan tahun. Dan, perlu digaris bawahi bahwa mereka ini rata-rata sudah menjalani operasi dan khemoterapi. Dan rasanya penulis belum menemukan ‘survivor story’ yang menjalani terapi selain terapi medis.

So, jadilah survivor yang selalu berjuang melawan kanker. Jangan takut dan kuat-lah.

Bagi anda yang tidak mempunyai keluhan, terutama para wanita, selalu waspadalah akan Kanker Payudara dengan terus memeriksa payudara sendiri secara rutin (SADARI). Karena Sadari adalah salah satu cara untuk mendeteksi adanya Kanker Payudara secara dini.

Entry filed under: Breast Cancer with Me. Tags: , , , , , .

MENJALANI KHEMOTERAPI DAN TIPS KHEMOTERAPI LYMPHEDEMA, PASIEN DENGAN MASTEKTOMY HARUS TAHU

6 Comments Add your own

  • 1. skbjepara  |  June 1, 2010 at 3:12 pm

    Betul bu dokter, semua penyakit pasti ada obatnya. Sudah dijamin bahwa Allah menurunkan penyakit beserta obatnya. Tinggal kemampuan akal manusia utk menemukan obat tersebut.

    Reply
    • 2. dirikuwanita  |  February 11, 2011 at 2:18 am

      Betul sekali ,Pak…. Jaga kesehatan ya…

      Reply
  • 3. Delia  |  June 4, 2010 at 8:31 am

    Salam kenal bu dokter..
    wanita memang harus memeriksakan sejak dini…
    supaya pengobatannya bisa lebih cepat..

    makasih info yg bermanfaat ini

    Reply
  • 5. Linda  |  December 6, 2010 at 10:03 am

    Salam kenal Mba… kita sama2 sebagai penderita kanker payudara.. Semoga kita dapat senantiasa berbagi serta saling menguatkan

    Reply
    • 6. dirikuwanita  |  February 11, 2011 at 2:19 am

      Salam kenal Mbak Linda…
      Kapan kita bisa chatting ya…?

      Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Categories

Recent Posts

traffic feed


%d bloggers like this: