I. TIPE KANKER PAYUDARA

April 20, 2010 at 10:53 am Leave a comment

Apakah Kanker Payudara itu?

Anda tentu sudah sering mendengar penyakit kanker payudara. Baik dari media televisi, koran, teman atau bahkan saudara dan keluarga sendiri yang terkena penyakit itu. Penulis sendiri sebetulnya mengalami penyakit tersebut, penulis akan mencoba berbagi ilmu yang didapat dari suatu referensi tentang Kanker Payudara. Dengan membaca tulisan Katagori PANDUAN KANKER PAYUDARA BAGI ORANG AWAM ini, sedikitnya anda bisa mengetahui pertanyaan – pertanyaan berikut:

  • Apakah stadium kanker saya?
  • Apakah kanker saya mengandung reseptor hormone? Jika ya, apa artinya?
  • Apakah kanker saya HER2 positif? Jika ya, apa artinya bagi saya?
  • Apakah terapi Breast Conserving (BCT) adalah pilihan bagi saya?
  • Dalam hal operasi, apa lagi terapi lain yang direkomendasikan? Radiasi? Kemoterapi? Terapi hormone?
  • Apakah efek samping dari terapi-terapi tersebut?

Type Kanker Payudara

Sebelum menelaah lebih lanjut, mari kita bahas mengenai Type Kanker Payudara.

Kanker payudara adalah suatu pertumbuhan abnormal dari sel – sel pada jaringan payudara yang biasanya terjadi di sel duktus (saluran kelenjar payudara) dan di lobules (kelenjar yang memproduksi ASI. Kanker payudara ini diklasifikasikan dari tempat dimana kanker ini dimulai, di duktus atau di lobules, dan bagaimana sel kanker ini menyebar melalui duktus atau lobules. Hal ini dapat diketahui dengan melihat sel kanker di bawah mikroskop.

Kanker payudara yang masih tetap di dalam lobules atau duktus disebut non invasive atau carcinoma in situ. Dan sebaliknya bila kanker payudara itu berkembang dan menyebar melewati dinding duktus atau lobules dinamakan infiltrasi atau invasive. Kadang- kadang dalam tumor payudara itu terdapat kombinasi tipe-tipe tersebut yaitu campuran invasive dan non infasive.

Karsinoma in situ (Carsinoma in situ)

Carsinoma adalah kata lain untuk kanker, dan Carsinoma in situ (CIS) diterjemahkan Karsinoma in situ berarti bahwa kanker tersebut adalah kanker yang sangat dini yang masih belum jelas apakah berasal dari lobules atau dari duktus.

Jadi, Karsinoma in situ ini terdiri dari Karsinoma in situ duktus (Ductal Carsinoma in situ) dan Karsinoma in situ lobules (Lobular Carcinoma in situ).

Kanker payudara invasive

Kanker payudara invasive menggambarkan bahwa kanker ini tumbuh dan menyebar melalui duktus dan lobules. Selain dikelompokkan berdasarkan duktus dan lobules, kanker ini juga dikelompokkan berdasarkan seberapa dekat sel kanker ini terlihat seperti sel normal, dinamakan ‘grade’. Grade ini membantu memprediksi apakah pasien mempunyai penampilan yang baik atau buruk, dan hal ini akan mempengaruhi prognosis. Dengan demikian Kanker payudara invasive/ infiltrasi terdiri dari Karsinoma lobular invasive dan Karsinoma duktal invasive.

Demikian pendahuluan sepintas tentang klasifikasi kanker berdasarkan penampakan kanker bila dilihat di bawah mikroskop.

Sumber: Breast Cancer, Treatment Guidelines for Patients, American Cancer Society, National Comprehensive cancer Network, July 2007.

Lebih lanjut, bila anda ingin mengetahui bagaimana kunjungan dokter dan pemeriksaan – pemeriksaan yang dilakukan, silakan baca PANDUAN KANKER PAYUDARA BAGI ORANG AWAM (2). See you… !

Entry filed under: Panduan Kanker Payudara bagi Orang Awam. Tags: , , , .

II. MENEMUKAN BENJOLAN PAYUDARA PERTAMA KALI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Categories

Recent Posts

traffic feed


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: